Renungan Akhir Tahun

Ada yang berbeda di malam ini. Suasana malam terasa begitu hidup. Tidak seperti biasanya, yang hanya sunyi senyap dan sepi. Tapi malam ini jalan raya begitu sesak, objek wisata pun telah dipadati oleh pengunjung. Tujuan dan motivasi mereka sama yaitu merayakan malam pergantian tahun.

Suara hiruk pikuk terompet terdengar dimana-mana. Letusan kembang api juga terlihat di mana-mana. Beragam cara orang dalam merayakan acara tutup tahun ini. Ada yang membuat pesta kcil-kecilan dengan keluarga dan kerabat. Ada juga yang mereyakannya dengan berkumpul dengan teman-teman, serta ada juga yang merayakannya dengan bepergian ke luar kota. Tidak hanya anak muda, kaum tua pun ikut larut dalam ritual ini. Ya, beginilah ritual pergantian tahun baru dari tahun ke tahun. Tak pernah berubah. Entah siapa yang pertama kali memulai, yang jelas budaya ini sudah begitu mendarah daging dalam kehidupan kita.

Tahun 2010 memang akan segera berlalu dan itu artinya tahun 2011 akan datang hadir mengantikannya. Hanya tinggal beberapa jam saja tahun ini akan berganti. Ah, sunggguuh cepat terasa waktu ini berjalan. Baru saja rasanya aku melewati malam seperti ini di rumah bersama beberapa orang teman. Nah, sekarang sudah akan merasakanya lagi dengan kondisi yang tak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Semua orang terlihat begitu gembira dan berbesar hati. Seolah mereka tidak ada punya beban dan masalah saja. Ritual pergantian tahun begitu telah membius mereka. Mereka begitu larut di dalamnya. Bergai macam musik dan hiburan digelar. Meriah, tapi terasa hampa,kawan.

Ada satu hal penting yang mungkin banyak terlupakan oleh mereka, yaitu mengambil hikmah dan pelajaran dari momen bergantinya tahun ini.
Mari sejenak kita merenung, bagaimana masa lalu kita,.?? \
Bagaimana kehidupan kita dulu,.?
Dan banyak hal lain yang perlu kita ingat lagi dalam pergantian tahun ini terkait dengan kehidupan kita di masa yang akan datang. Jangan hanya sekedar hura-hura tak jelas tanpa ada hikmah yang dapat kita petik demi sebuah kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.


Tahun 2010 memang akan kita tinggalkan, dan tahun 2011 akan segera kita tempuh. Namun, bukan berati kita meninggalkannya begitu saja. Banyak hal yang dapat dipetik sebagai pegangan bagi kita dalam mengahrungi kehidupan di masa depan, tidak hanya di tahun 2011.
Saya, anda dan semua kita tentu punya masa lalu masing-masing, punya pengalaman hidup masing-masing di tahun 2010. Baik itu pengalaman yang indah, maupun pengalaman yang buruk dan menyedihkan. Akan tetapi, apapun itu tetap saja sebuah pengalaman dan layak untuk dijadikan pelajran hidup.
Jika itu pengalaman buruk, kita harus bisa mengambil pelajaran agar hal yang sama tidak terjadi lagi dalam hidup kita. Jika itu berupa pengalaman baik, maka kita harus jadikan itu pelajaran agar hal-hal baik itu tetap menyertai kehidupan kita di masa yang akan datang.


Kita memang harus berguru pada masa lalu. Jangan hanya larut dan terhanyut dengan kemewahan-kemewahan perayaan menyambut tahun baru dan lupa mengambil pelajaran dan hikmah darinya. Sehingga kehidupan kita juga tidak berubah dan tetap seperti itu saja. Melewati pergantian tahun tidak perlu dengan sebuah kemeriahan yang tak jelas,akan lebih bijak kiranya jika kita mampu belajar dari masa lalu untuk masa depan yang lebih baik.


Belajarlah dari pengalaman, agar hidup lebih baik di masa yang akan datang,.,!!
“Orang buta saja tidak mau jatuh di lubang yang sama untuk kedua kalinya”


*oleh: Heru Perdana P

Label:

3 komentar:

  1. shalalabeinspired mengatakan...:

    buek sorang ko bg??

  1. Heru Perdana mengatakan...:

    yop,...
    kurng bagus ya,.??
    jelek ya bahasanya,.??

  1. shalalabeinspired mengatakan...:

    lumayan lah bg..
    hahahaha :D

Posting Komentar

MOhon kritik dan sarannya..!!

Search

Tentang Saya

Foto Saya
Heru Perdana
Menulis adalah sarana pembebasan jiwa
Lihat profil lengkapku

Add Me on Facebook

Blog Archive

Download

Download ebook gratis Download ebook gratis

Blog Info

free counters
Powered by  MyPagerank.Net

Followers