Tim Garuda Melenggang ke Final AFF

Pertandingan leg kedua antara Timnas Indonesia melawan Filipina telah degelar jam 19.00 WIB tadi di stadion Glora Bung Karno Jakarta yang dipimpin oleh wasit asal Bahrain. Pertandingan yang penuh emosional itu dihadiri langsung oleh bapak Presiden Susilo Bambang Yudoyono dan ibuk Negara Ani yudoyono serta jajarannya termasuk menpora Andi Malarangeng. Sebuah pertandingan yang sangat menegangkan. Skuad Indonesia kali ini tidak diperkuat oleh pemain naturalisasi Irfan bachdim. 

Tim garuda langsung tampil menekan semenjak menit pertama. Umpan trobosan yang diarahkan kepada Cristian Gonzales cukup membuat barisan pertahanan Filipina kalang kabut. Namun, sayang Gonzales telah terlebih dahulu terjebak offside. Usaha Yongky dalam mengejar bola juga belum membuahkan hasil bagi tim garuda, karena telah terlebih dahulu dipatahkan penjaga gawang Filipina. Kemudia pada menit kedelapan Gonzales terjatuh di dalam kotak pinalti saat dikawal dua pemain belakang Filipina, namun saying bukan sebuah pelanggaran menurut wasit.

Filipina terus coba melakukan seranggan balik, tapi masih bisa dipatahkan oleh barisan pertahanan psukan Garuda. Indonesia pun terus melakukan serangan dan hasilnya pun tak jauh berbeda dengan serangan Filipina. Kemudian pada menit kesebelas Gonzales mendapatkan kesempatan emas menerima umpan terobosan dari Yongky, namun sayang bola telah terlebih dahulu ditangkap oleh penjaga gawan lapis tiga Fullham itu. 


Kemelut terjadi di depan gawang Indonesia pada menit keduabelas, akan tapi sepakan Phil Younghusband akhirnya melambung dan hanya membuahkan tendangan gawang bagi timnas Indoneia. Sebelumnya pemain bertahan Indonesia juga gagal mengalau bola dengan baik. Okto yang tampil begitu menawan dalam mengocek bola dari sayap kiri dan melepaskan umpan silang ke depan gawang Filipina dan masih bisa dihalau oleh pemain belakang Filipina.


Pada menit keduabelas Gonzales mendapat peluang emas, dia berhasil menyundul bola dengan sangat keras sekali dan masih mengarah tepat pada penjaga gawang Filipina. Momen ini sempat membuat rombongan presiden histeris. Sesaat setelah itu, Indonesia masih bisa menciptakan kemelut di depan gawang Filipina, namun tetap belum bisa merubah keadaan. Skor tetap saja imbang 0-0.


Keberuntungan baru datang menghampiri tim Garuda pada menit ke-42. Dari luar kotak penalti, sepakan keras Gonzales tak tertahan untuk bersarang di gawang Filipina. Sebelum mengirimkan tendangan itu, sepakannya juga sempat dihadang bek Filipina. Gol kristian Gonzales ini sontak membuat supporter Indonesia bersorak gembira.


Lima menit memasuki babak kedua, Yongki terkapar di lapangan setelah bertabrakan dengan Etheridge ketika sedang berusaha mengejar bola. Zulkifli membuang peluang pada menit ke-55. Dari luar kotak penalti, ia melepaskan tendangan yang masih jauh melebar di sisi gawang Filipina. Filipina nyaris saja menyamakan skor. Greatwich yang tak terkawal di tiang jauh berhasil menyambut bola umpan silang dengan kepalanya dan si kulit bundar menyisir tipis di atas mistar gawang Indonesia yang dijaga oleh suami kiki Amelia.
Okto dengan lihai mengejar bola dan mengecoh pemain belakang Filipina di sisi gawang Filipina pada menit 63, meski sepakannya dari sudut sempit masih bisa dibendung kaki kiper Etheridge dan menghasilkan tendangan sudut saja bagi Indonesia.


Markus berhasil menghadang sepakan keras pemain Filipina dari luar kotak penalti. Hamka kemudian menyapu bola yang tak bisa ditangkap Markus. Kesalahan komunikasi di lini belakang Indonesia nyaris saja buat Filipina bikin gol pada menit 79. Beruntung Firman masih bisa mengamankan. Dari lemparan ke dalam, gawang Indonesia juga terancam walau bola masih tipis melebar.
Nyaris saja Arif Suyono langsung membuat gol beberapa saat setelah masuk mengantikan Okto. Bola mengarah ke tiang jauh dan coba ditanduknya meski gagal. 


Permainan berlangsung penuh emosi dan beruntung wasit asal Bahrain tegas memimpin pertandinagn tersebut. Filipina harus bermain dengan 10 pemain setelah Greatwich diusir oleh waist karena mendapat kartu kuning kedua, usai melanggar Markus pada menit 87.


Pertandinagn berakhir denagn skor 1-0 untuk tim Garuda dan memastikan timnas lolos ke babak final AFF dan akan bertemu Malaysia. (HR-22)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar

MOhon kritik dan sarannya..!!

Search

Tentang Saya

Foto Saya
Heru Perdana
Menulis adalah sarana pembebasan jiwa
Lihat profil lengkapku

Add Me on Facebook

Blog Archive

Download

Download ebook gratis Download ebook gratis

Blog Info

free counters
Powered by  MyPagerank.Net

Followers