Zakat dan Perannya dalam Mengurangi Angka Kemiskinan

Dalam Islam zakat memiliki kedudukan yang sangat penting , zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan bagi mereka yang mampu. Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim dengan ketentuan tertentu dan diberikan kepada mereka yang berhak menerima (asnaf delapan) yang sesuai dengan yang telah digariskan dalam Al-qur’an. Zakat tidak boleh diberikan kepada orang sudah menjadi tanggungan kita seperti anak dan istri. Perlu kita sadari bersama bahwa mengeluarkan zakat hukumnya adalah wajib bagi mereka yang memiliki harta yang sudah mencapai nisab. Dan sebaliknya bagi mereka yang masih lemah dari segi finansial, maka mereka harus dan wajib menerima zakat. Islam adalah agama persaudaraan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang selalu siap membantu sesama yang mebutuhkan bantuan ataupun mereka yang sedang dilanda musibah kemiskinan dan pengagguran. Oleh sebab itu, peran seorang muslim dalam menanggapi persoalan sosial yang semangkin kompleks di tengah jurang kemiskinan yang semakin dalam sanagt dibutuhkan. Nah, persoalan kemiskinan yang berkaitan dengan zakat adalah bagaimana zakat itu bisa mengambil peran dan fungsinya dalam mengurangi angka kemiskinan. Melalui zakat inilah agama Islam berusaha menjawab semua persoalan umat yang semakin kompleks, termasuk masalah kemiskinan ini.

zakat mempunyai tujuan utama yaitu untuk menyucikan jiwa, harta dan segala hal yang umat Islam miliki, sebagai suatu bentuk pembersihan dari sesuatu yang syubhat. Di samping itu, disadari atau tidak, fungsi zakat yang lain adalah bertujuan untuk mewujudkan keadilan, kesejahteraan sosial, dan kemakmuran serta asas pemerataan kekayaan.

Kemiskinan dan penggangguran yang telah merebak di negara Indonesia ini merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi di mata umat Islam. Kemiskinan dan pengangguran merupakan suatu bukti bahwa masih lemahnya umat Islam dari segi kemampuan perekonomian secara umum. Menurut Dr Yusuf Qardhawi dalam karyanya "zakat dalam membangun ekonomi kerakyatan" (2001), ajaran Islam sangat menaruh perhatian yang sangat besar untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan dengan cara selalu bekerja keras untuk meraih rezeki yang lebih banyak dalam memenuhi kebutuhan hidup umat Islam.


Maka bertolak dari realita tersebut, zakat kemudian dijadikan sebagai visi umat Islam dalam mengentaskan kemiskinan atau paling tidak meminimalisasi angka kemiskinan dalam kehidupan bangsa ini. Oleh sebab itu, umat Islam harus merelakan sebagian harta mereka diberikan kapeda saudara-saudara mereka yang kurang mampu dari segi finansial sebagai suatu sarana dalam penyucian harta dan jiwa mereka. Dengan menunaikan zakat berarti umat Islam telah menjalankan perannya sebagai seorang muslim untuk ikut serta dalam membantu dan meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah ditimpa kesusahan.

Selanjutnya, agar zakat dapat dijadikan sebagai salah satu cara dalam mengatasi angka kemiskinan tentu perlu didukung dengan tata cara pengelolaan zakat yang matang. Sebaiknya zakat dikumpulkan dan dikelola dalam suatu lembaga seperti BAZDA, baru kemudian dislalurkan kepada mereka yang mebutuhkan dan berhak menerima zakat. Dalam penyalurannya pun sedapat mungkin zakat tersebut dapat digunakan oleh mereka yang mebutuhkan kepada sektor produktif, bukan konsumtif. Atau kapan perlu diberikan pelatihan kewirausahaan bagi para mustahik yang menerima zakat itu, agar mereka mampu berwirausaha dan untuk kedepannya tidak harus menerima zakat lagi. Karena selama ini zakat yang diberikan digunakan oleh mustahik hanya untuk konsumtif saja. Sehingga dampak dari zakat kurang begitu terasa dalam kehidupan masyarakat terkait dengan pengentasan kemiskinan.

Jadi, mari kita terapkan pola yang baik dalam pengumpulan dan pengelolaan zakat agar zakat betul-betul menjadi suatu visi umat Islam dalam mengurangi angka kemiskinan.

Oleh: Heru Perdana P (Mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar

MOhon kritik dan sarannya..!!

Search

Tentang Saya

Foto Saya
Heru Perdana
Menulis adalah sarana pembebasan jiwa
Lihat profil lengkapku

Add Me on Facebook

Blog Archive

Download

Download ebook gratis Download ebook gratis

Blog Info

free counters
Powered by  MyPagerank.Net

Followers